Jumat, 05 Agustus 2016

RPP VIII MA IWAD, BADAL



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) QUR’AN HADITS

Satuan Pendidikan :  MTs NU Wahid Hasyim Salafiyah
Mata Pelajaran       :  Qur’an Hadits
Kelas / Semester      :  VIII C/Ganjil
Tahun Ajaran         :  2016 / 2017
Alokasi Waktu        :  2 x 40 Menit
Pertemuan ke           :  II (kedua)
Materi Pokok          : Ilmu Tajwid
Sub Materi Pokok   : Mad Iwad dan Mad Badal

A.      Kompetensi Inti
KI-1         :Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2         :Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli,        (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan     lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3         :Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan    kejadian tampak mata.
KI-4         :Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang  dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudutpandang teori.                                                   

B.     Kompetensi Dasar
4.1             Menerapkan hukum bacaan mad ‘Iwad dan Mad Badal dalam Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan.        





C.    Indikator 
2.2.1          memahami hukum bacaan mad Iwad dan Mad Badal.
3.1.1          menunjukkan contoh bacaan di Al-Qur’an yang mengandung hukum bacaan Mad Iwad dan Mad Badal.
3.1.2          menerapkan hokum bacaan Mad Iwad dan Mad Badal ketika membaca ayat Al-Qur’an.

D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan tentang hukum mad Iwad dan Mad Badal diharapkan:
1.         Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis hokum bacaan Mad Iwad dan Mad Badal Siswa dapat memahami hukum bacaan Mad Iwad dan Mad Badal.
2.         Siswa mampu menunjukkan contoh bacaan di Al-Qur’anyang mengandung hukum bacaan Mad Iwad dan Mad Badal.
3.         Siswa dapat menerapkan hukum bacaan Mad Iwad dan Mad Badal.ketika membaca ayat Al-Qur’an.

E.     Materi Pembelajaran

a.       Mad Iwad
Berdasarkan tinjauan Bahasa, mad Iwad yaitu bacaan panjang yang berganti. Sedangkan berdasarkan ilmu tajwid , hukum bacan mad iwad jika ada fathah tanwin yang berada pada akhir ayat atau ada tanda waqof atau yang diwqofkan.
Cara membacanya, tanwin tidak dibunyikan karena mad ini menggantikan bunyi fathah tanwin, dibaca duaharakat. Untuk fathah tanwin yang menyertai huruf ta’ marbuthoh, tidak dibaca mad karena ta’ marbutoh ini apabila diwaqofkan berubah bunyi menjadi huruf ha.
Untuk memperjelas keterangan diatas, perhatikan bacaan pada surah an nas berikut ini :
إِذَا جَاءَ نَصْرُ اللَّهِ وَالْفَتْحُ، وَرَأَيْتَ النَّاسَ يَدْخُلُونَ فِي دِينِ اللَّهِ أَفْوَاجًا، فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَاسْتَغْفِرْهُ ۚ إِنَّهُ كَانَ تَوَّابًا



b.        Mad Badal
Badal artinya pengganti atau perubahan, dinamakan mad badal karena mad ini sebenarnya menggantikan hamzah sukun, yang diganti dengan tanda fathah yang berdiri, wau sukun, atau ya’ sukun.
Hokum bacaan mad badalyaitu jika huruf hamzh yang berharakat fathah, kasrah atau dhommah dan bertemu dengan hamzah sukun. Cara membaca mad badal yaitu dibaca dua harakat atau satu alif.
Untuk memperjelas keterangan diatas perhatikan bacaan pada surah quraisy berikut :
بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
لِإِيلَافِ قُرَيْشٍ ﴿١﴾ إِيلَافِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاءِ وَالصَّيْفِ ﴿٢﴾ فَلْيَعْبُدُوا رَبَّ هَـٰذَا الْبَيْتِ ﴿٣﴾ الَّذِي أَطْعَمَهُم مِّن جُوعٍ وَآمَنَهُم مِّنْ خَوْفٍ ﴿



F.           Metode Pembelajaran
1.         Ceramah        : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
2.         Tanya Jawab : Metode ini digunakan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan peserta didik tentang penguasaan materi, Tanya jawab biasa dilakukan pada pre tes dan post tes
3.         Penugasan: Metode pemberian tugas ini untuk melatih siswa agar terbiasa untuk menggunakan hokum bacaan mad dalam membaca Al-Qur’an.
4.         Permainan dan refleksi : metode ini digunakan untuk menyegarkan kembali konsentrasi dan minat siswa dalam pembelajaran.
G.    Alat dan Sumber Belajar
1.         Bahan yang tercetak
-          LKS Fikroh Qur’an Hadits VIII  Semester ganjil.
-          Buku paket Qur’an Hadits VIII .


H.    Alat Peraga :
-          Papan tulis.
-          Spidol
-          dan penghapus

I.       Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.        Guru membuka pembelajaran dengan salam dan do’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh  khidmat.
b.      Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran, mengabsen dan memeriksa kerapian  pakaian, posisi dan tempat duduk disesuikan dengan  kegiatan pembelajaran.
c.       Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komonikatif  berkaitan dengan materi  pembelajaran.
d.      Guru menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran meliputi pengamatan, menanyakan, medemontrasikan serta menyimpulkan berkaitan materi pembelajaran.

15 menit
2.
Kegiatan Inti
a.   Mengamati
a.       Guru mengajak siswa untuk membuka LKS dan memperhatikan apabila guru membacakan LKS.
b.      Guru menjelaskan sedikit tenttang pelajaran yang sebelumnya guna menguaatkan ingatan siswa terhadap pelajaran sebelumnya tentang pengertian mad layyin dan mad aridlissukun.
c.       Beberapa murid diminta untuk membaca materi perkalimat dengan keras dan bergantian dan murid yang lain menyimaknya.
d.      Guru memberikan penjelasan dan penguatan tentang materi yang telah dibaca.
e.       Murid diminta untuk membaca surah pendek pilihan yang mengandung contoh dari materi yang diajarkan secara bersama-sama dank eras.

Menanya
a.       Peserta  didik memberikan tanggapan dan pertanyaan terhadap penjelasan guru mengenai  hukum mad iwad dan mad badal.

Eksperimen/Explore
f.       Peserta didik menngerjakan tugas.

60 menit
3.
Penutup
    a.     Peserta didik dibawah bimbingan guru  menyimpulkan materi pembelajaran secara demokratis.
    b.     Guru memberikan motivasi kepada murid.
    c.     Guru mengakhiri  pelajaran  dengan Do’a dan salam.

5 menit

J.      Penilaian

No
Indikator Pencapaian Target
Tekhnik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen Soal
1.
Menjelaskan pengertian mad Iwad dan Mad Badal menurut Bahasa.
Tes lisan kolektif
menjawab
Apa pengertian mad Iwad dan Mad Badal.
2.
Menjelaskan pengertian mad  Iwad dan Mad Badal menurut ilmu tajwid.
Tes lisan kolektif
menjawab
Apa pengertian mad  Iwad dan Mad Badal menurut ilmu tajwid
3.
Memberikan contoh cara abaca mad  Iwad .
Tes lisan acak
Membaca
Berikan contoh dan bacalah dengan benar.
4.
Memberikan contoh  Mad Badal
Tes lisan acak.
Membaca
Berikan contoh Mad Badal.
5.
Menerapkan mad  Iwad dan Mad Badal dalam surah pendek .
Tes lisan kolektif
Membaca
Membaca surah an nasr dan surah quraiys.


Penentuan sekor
No
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
Semua benar
Sangat baik
2.

Sebagian besar benar
baik
3.

Sebagian kecil benar
Kurang baik
4.

Semua Salah
buruk
‘Catatan:
Nilai bersifat kolektif .           
Mengetahui,
Guru Pamong



Lilik Bidayati R,S.Ag












               

Kudus, 04 agustus 2016
Praktikan Mata Pelajaran Qur’an Hadits


Ahmad Muslim
NIM: 1310110573



Tidak ada komentar:

Posting Komentar