Senin, 01 Agustus 2016

RPP Quran Hadits Kls VII(8)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) QUR’AN HADITS

Satuan Pendidikan :  MTs NU Wahid Hasyim Salafiyah
Mata Pelajaran       :  Qur’an Hadits
Kelas / Semester      :  VIII A/Ganjil
Tahun Ajaran         :  2016 / 2017
Alokasi Waktu        : 2 x 40 Menit
Pertemuan ke           :  I (Pertama)
Materi Pokok          : Ilmu Tajwid
Sub Materi Pokok   : Hukum Mad

A.      Kompetensi Inti
KI-1         :Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2         :Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli,        (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan     lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3         :Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan    kejadian tampak mata.
KI-4         :Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang  dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudutpandang teori.                                                    

B.     Kompetensi Dasar
4.1             Menerapkan hukum bacaan mad ‘Iwad, Mad Layyin, dan Mad Aridlissukun dalam Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan.        





C.    Indikator
1.2.1          menyebutkan jenis-jenis hokum bacaan mad.
2.2.1          memahami hukum bacaan mad.
3.1.1          menunjukkan contoh bacaan di Al-Qur’anyang mengandung hukum bacaan mad ‘iwad, mad layyin, dan mad aridlissukun.
3.1.2          menerapkan hokum bacaan mad ‘iwad, mad layyin da, mad aridlissukun ketika membaca ayat Al-Qur’an.

D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan tentang hukum mad diharapkan:
1.         Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis hokum bacaan mad mad layyin dan mad aridl lissukun.
2.         Siswa dapat memahami hukum bacaan mad layyin dan mad aridlissukun.
3.         Siswa mampu menunjukkan contoh bacaan di Al-Qur’anyang mengandung hukum bacaan mad ‘iwad, mad layyin, dan mad aridlissukun.
4.         Siswa dapat menerapkan hukum bacaan mad layyin dan, mad aridl lissukun ketika membaca ayat Al-Qur’an.

E.     Materi Pembelajaran
2. macam-macam mad
Pada dasarnya mad dibedakan menjadi dua macam, yaitu mad asli atau mad thobi’I dan mad far’I atau mad cabang. Pada bab ini kita akan membahas tentang mad far’I, yang terdiri dari mad layyin, mad aridlissukun, mad iwad, mad badal, dan mad tamkin.
a.      Mad Layyin
Mad layyin atau juga biasa disebut mad lin secara bahasa artinya lunak atau juga bisa disebut miring
Hukum bacaan mad layyin terjadi ketika huruf berharakat fathah atau dhammah bertemu huruf ya (ي) atau wau (و) sedangkan setelahnya ada huruf yang dimatikan karena waqaf (berhenti). Jadi apabila setelahnya lebih dari satu huruf tidah bisa dikatakan mad layyin.
Mad layyin juga dapat berfungsi ketika waqof yang telah ditentukan sperti akhir ayat ataupun tanda waqof lainnya. Atau juga bisa berfungsi ketika kita memutuskan bacaan ditengah-tengah ayat karena beberapa faktor seperti kehabisan nafas dan lain sebagainya.
Cara membaca mad layyin adalah dengan membaca huruf yang berharakat fathah atau dhommah terlebih dahulu, langsung disambung dengan wau sukun atau ya' sukun dan kemudian diakhiri dengan huruf sesudahnya yang di matikan karena waqof. Panjang bacaan mad layyin bisa di panjangkan 2, atau 4 atau 6 harakat.

Contoh mad layyin:

خَوْفٌ ..dibaca خَوْفْ ~ khauuuuf
بَيْتٌ …..dibaca بَيْتْ ~ baiiiit
شَيْءٍ ..dibaca شَيْءْ ~ syaiiii’
لإيلافِ قُرَيْشٍ.
فَلْيَعْبُدُوا رَبَّ هَذَا الْبَيْتِ
الَّذِي أَطْعَمَهُمْ مِنْ جُوعٍ وَآمَنَهُمْ مِنْ خَوْفٍ
b.      Mad aridl lissukun
Berdasarkan tinjauan Bahasa mad aridl lissukun adalah bacaan panjang karena berttemu dengan sukun.
Sedangkan berdasarkan ilmu tajwid , hokum bacaan mad aridlissukun, yaitu jika ada huruf mad ( alif, wawu, atau ya) berada pada akhir ayat dan diikuti oleh huruf yang berharakat hidup atau ada tanda waqof atau yang diwaqofkan. Cara membaca mad aridlissukun, yaitu boleh dibaca dua harakat, empat harakat, atau enam harakat. Dari ketiga cara tersebut yang paling baik dibaca panjang enam harakt.
Contoh mad aridlissukun dalam al-qur’an Surah Al-Maun.
أَرَأَيْتَ الَّذِي يُكَذِّبُ بِالدِّينِ
فَذَٰلِكَ الَّذِي يَدُعُّ الْيَتِيمَ
وَلَا يَحُضُّ عَلَىٰ طَعَامِ الْمِسْكِينِ
فَوَيْلٌ لِّلْمُصَلِّينَ
الَّذِينَ هُمْ عَن صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ
الَّذِينَ هُمْ يُرَاءُونَ


F.           Metode Pembelajaran
1.         Ceramah        : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
2.         Tanya Jawab : Metode ini digunakan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan peserta didik tentang penguasaan materi, Tanya jawab biasa dilakukan pada pre tes dan post tes
3.         Penugasan: Metode pemberian tugas ini untuk melatih siswa agar terbiasa untuk menggunakan hokum bacaan mad dalam membaca Al-Qur’an.
4.         Permainan dan refleksi : metode ini digunakan untuk menyegarkan kembali konsentrasi dan minat siswa dalam pembelajaran.
G.    Alat dan Sumber Belajar
1.         Bahan yang tercetak
-          LKS Fikroh Qur’an Hadits VIII A Semester ganjil.
-          Buku paket

H.    Alat Peraga :
-          Papan tulis.
-          Spidol
-          dan penghapus

I.       Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.        Guru membuka pembelajaran dengan salam dan do’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh  khidmat.
b.      Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran, mengabsen dan memeriksa kerapian  pakaian, posisi dan tempat duduk disesuikan dengan  kegiatan pembelajaran.
c.       Guru memperkenalkan diri dan  memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komonikatif  berkaitan dengan materi  pembelajaran.
d.      Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi  dasar dan tujuan yang ingin dicapai.
e.       Guru menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran meliputi pengamatan, menanyakan, medemontrasikan serta menyimpulkan berkaitan materi pembelajaran.

15 menit
2.
Kegiatan Inti
a.   Mengamati
a.    Guru menjelaskan sedikit tenttang pelajaran yang sebelumnya guna menguaatkan ingatan siswa terhadap pelajaran sebelumnya tentang pengertian mad.
b.    Beberapa murid diminta untuk membaca materi perkalimat dengan keras dan bergantian dan murid yang lain menyimaknya.
c.    Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan tentang materi yang telah dibaca.
d.    Murid diminta untuk membaca surah pendek pilihan yang mengandung contoh dari materi yang diajarkan secara bersama-sama dank eras.
e.    Murit mengerjakan tugas soal.

Menanya
a.    Peserta  didik memberikan tanggapan terhadap penjelasan guru mengenai  hukum mad.
b.    Peserta didik mengajukan  pertanyaan mengenai hukum mad.

Eksperimen/Explore
a.    Peserta didik mendiskusikan tentang  hokum bacaan mad.
b.    Peserta didik menghafalkan hokum bacaan mad.

60 menit
3.
Penutup
    a.     Peserta didik dibawah bimbingan guru  menyimpulkan materi pembelajaran secara demokratis.
    b.     Guru memberikan motivasi kepada murid.
    c.     Guru mengakhiri  pelajaran  dengan Do’a dan salam.

5 menit

J.      Penilaian

No
Indikator Pencapaian Target
Tekhnik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen Soal
1.
Menjelaskan pengertian mad asli dan mad far’i
Tertulis
essay
Apa pengertian mad asli dan mad far’I menurut bahasa
2.
Menjelaskan pengertian mad
Tertulis
Essay
Apa pengertian mad menurut ilmu tajwid
3.
Menjelaskan mad aridlissukun
Terlisan
essay
Jelaskan pengertian mad aridl lissukun
4.
Memberikan contoh mad aridl lissukun
Tertulis
Essay
Berikan contoh mad aridl lissukun
5.
Menerapkan mad layyin dan mad aridlissukun dalam surah pendek .
Tes lisan
Membaca
Membaca surah al ma’un dan al qurays.


Penentuan sekor
No
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
Semua benar
4
2.

Sebagian besar benar
3
3.

Sebagian kecil benar
2
4.

Semua Salah
1

‘Catatan:
Nilai   (Jumlah skor : Jumlah Skor maksimum) x 5
           
Mengetahui,
Guru Pamong



Lilik Bidayati R,S.Ag









               

Kudus, 29 Juli 2016
Praktikan Mata Pelajaran Qur’an Hadits


Ahmad Muslim
NIM: 1310110573


Tidak ada komentar:

Posting Komentar