Rabu, 23 November 2016

PENGERTIAN TEKNIK ANALISIS TAFSIR QURAN

PENGERTIAN TEKNIK ANALISIS TAFSIR
oleh : Ahmad Muslim
Sebelum memebahas teknik analisis tafsir yang dapat diterapkan dalam penelitian tafsir (baca: menafsirkan al-Qur’an), terlebih dahulu kita akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan teknik analisis tafsir, dengan maksud menghindari  kesalah fahaman dalam memberikan batasan pengertian.
Istilah teknik, disamping istilah yang lain sering kali disinonimkan dengan istilah metode. Jadi, teknik sama dengan metode, begitu pula sebaliknya. Agar metode dapat bermanfaat haruslah digunakan dalam pelaksanaan yang konkret. Unutk itu metode sebagai cara kerja haruslah dijabarkan sesuai dengan alat beserta sifat alat yan gdimaksud. Sedangkan tahapan atqau urutan penggunaan metode disebut prosedur.
Analisis ialah cara pemeriksaan terhadap sesuatu dengan mengemukakan semua unsur dasar dan hubungan dengan unsur yang berkaitan. Dengan demikian, hal yang diperiksa dapat diketahui susunannya. Analisis ini merupakan cara yang umum dalam pemikiran manusia dan terutama sekali dalam ilmu pengetahuan. Lebih lanjut dapat dikatakan, analisis adalah penguraian suatu pokok atas berbagai bagianyadan penelaahan bagian itu sendiri serta hubungan antara bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan. Sebagai contoh, analisis data merupakan penelaahan dan penguraian atas data hingga menghasilkan kesimpulan.
Sedangkan istilah tafsir, sebagaiman dikemukakn Abdul Mu’in Salim, berasal dari kata tafsir yang berbentuk masdar yang berarti menguraikan apa-apa yang dikandung al-Qur’an, baik berupa makna-makna, rahasia-rahasia, dan hukum-hukum. Jadi, tafsir disini dipandang sebagai kegiatan ilmiah (dalam arti sebagai metode) yang berfungsi untuk memahami dan menjelaskan al-Qur’an, bukan tafsir al-Qur’an sebagai produk dan bukan pula ilmu-ilmu al-Qur’an.

Bertitik tolak dari pengertian diatas, dapatlah dikatakan bahwa yang dimaksud dengan teknik analisis tafsir adalah suatu cara memahami kandungan al-Qur’an dengan menelaah dan menguraikan ayat-ayat al-Qur’an hingga dapat diperoleh suatu pemahaman dan kesimpulan. 

REFERENSI :
Salim Mu’in, Metodologi Ilmu Tafsir, Yogyakarta: Teras, 2010

1 komentar:

  1. Do you understand there's a 12 word sentence you can communicate to your man... that will trigger deep emotions of love and instinctual attraction for you buried within his heart?

    That's because deep inside these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's impulse to love, please and protect you with his entire heart...

    12 Words That Fuel A Man's Desire Response

    This impulse is so built-in to a man's genetics that it will make him work better than ever before to do his best at looking after your relationship.

    Matter of fact, triggering this influential impulse is so essential to achieving the best ever relationship with your man that the second you send your man one of the "Secret Signals"...

    ...You'll immediately notice him expose his soul and heart to you in a way he never expressed before and he'll distinguish you as the one and only woman in the world who has ever truly fascinated him.

    BalasHapus